WASPADALAH "BAHAYA MENGGUNAKAN LENSA KONTAK MATA MURAH" (( MOHON DISHARE ARTIKEL TERSEBUT DEMI RASA KEMANUSIAAN ))



Bahaya penggunaan Lensa Kontak Mata


Di awali dari kemungkinan yang ringan seperti iritasi sampai peluang yang sangatlah fatal, yakni kebutaan. Tersebut dampak dari penggunaan lensa kontak di mata tidak ada pengawasan dokter. Selain itu banyak persoalan serta keluhan biasanya mulai akan Terlihat belakangan hari. 

Suatu penelitian yang dikerjakan ilmuwan dari University Institute of Tropical Diseases and Public Health Canary Islands, University of La Laguna beberapa waktu itu pada 153 pasien yang alami persoalan lensa kontak, didapat sebagian 90 persoalan dengan tidak ada tanda-tanda infeksi. 

Walaupun tak ada tanda-tanda infeksi, sebenarnya sebagian 65, 9% lensa terkontaminasi dengan pathogenic acanthamoeba serta 30% amuba di ketahui sangatlah patogen. Acanthamoeba yakni jenis protozoa yang banyak di ketahui di tanah serta kerap didapati di air bersih. Spesies ini umumnya mengkonsumsi bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi pada manusia. Tentunya sangat mudah untuk menginfeksi manusia. 

Tidak cuma didunia, persoalan permasalahan mata karena pemakaian lensa kontak di Indonesia juga mulai terlihat. Satu diantara dokter spesialis mata dari Graha Amerta RSUD dr Soetomo, dr Hendrian D. Soebagyo, Spm mengemukakan, sekurang-kurangnya ada 50% pasien yang alami persoalan mata lantaran lensa kontaknya terkontaminasi oleh amuba. Serta 1 persen satu diantaranya bahkan alami kebutaan permanen. 

”Ada tiga pasien yang saya tangani alami kebutaan lantaran pemakaian kontak lensa yang kurang pas, ” kata dr Hendrian yang juga berpraktik di RS Siloam Surabaya ini. 

Tetap masih menurut Hendrian, meskipun tak ada data pasti mengenai berapakah jumlah pasien yang alami persoalan karena pemakaian lensa kontak, jumlah persoalan itu senantiasa jadi ber lebih. 

”Kasus keluhan yang paling banyak yaitu iritasi mata karena ketidaktahuan pasien sendiri dalam memakai lensa kontak dengan benar. Dan didukung pengetahuan senantiasa membuat perlindungan lensa kontak ” ujarnya. 

Hendrian menuturkan memanglah persoalan iritasi gampang dapat sembuh melalui langkah keseluruhnya. Tetapi, banyak persoalan infeksi lantaran pemakaian lensa kontak meninggalkan sikatrik atau sisa luka di kornea. Untuk sikatrik gampang berupa nebula, untuk tengah berupa makula, tengah sikatrik berat berupa lecoma dan telah menganggu pandangan pasien. Selain itu bentuk lecoma juga tampak terang oleh mata dikarenakan tidak tipis serta sangatlah menganggu pandangan pasien, bahkan juga dapat menyebabkan kebutaan. 

Dampak lain pemakaian lensa kontak dekoratif, sambung dr. Hendrian, yaitu konjungtivitis (infeksi pada konjungtiva) atau peradangan pada selaput lendir, alergi, pembengkakan, serta rusaknya kornea mata. Hal semacam ini menyebabkan turunnya pandangan, serta buat mata lebih sensitif pada cahaya. 

”Bila infeksi telah mengakibatkan kebutaan, tak ada obat atau operasi yang dapat diakukan kecuali keratoplasti atau pencangkokan kornea, ” tegasnya. Untuk ditangani keratoplasti, urai Hendrian tak gampang, lantaran untuk menanti pendonor kornea juga memerlukan waktu yang sesuai. 

Diluar itu, meskipun operasi pencangkokan kornea jalan lancar, senantiasa ada peluang penolakan badan pada kornea itu. ”Kebanyakan pasien memakai lensa kontak cuma untuk kosmetik saja, mereka tak fikirkan resikonya” tuturnya. 

dr. Hendrian merekomendasikan untuk calon pemakai lensa kontak baiknya memerhatikan banyak hal. Sebaiknya fikirkan kebaikan dan banyak hal yang buruk bisa berjalan pada mata. Selain itu pasien juga apakah menanggung derita penyakit lain seperti laergi debu. Ini bisa jadi alasan untuk pasien ini menggunakan lensa kontak mata. 

Diluar itu, perhatikan juga sisi umur. Hendrian berikan sebaiknya pada anak-anak, orang lanjut usia, serta pasien degradasi mental baiknya tak perlu memakai lensa kontak. Jangan sampai lupa dishare untuk memberi informasi pada yg lainny.. 


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.